Minggu, 30 Agustus 2015

BIBIT LENGKENG BQ DAN RAHASIA APLIKASINYA




Dulu saya mendapat kiriman foto pohon lengkeng dari teman FB saya di Malaysia......buahnya begitu banyak dan panjang-panjang dompolannya.......keren pokoknya.....sayangnya dia tidak berani menyebutkan apa sesungguhnya varietas lengkeng tersebut. Sebenarnya pingin juga saya memiliki bibit lengkeng tersebut sebagai indukkan.......
Barulah beberapa tahun kemudian terjawab......seorang teman FB bernama Hidayat Sugiyanto dari Batujamus (tempat kecil saya dulu) memposting gambar pohon lengkeng yang sedang berbuah. Luar biasa indahnya seperti tanpak dalam gambar.......dompolannya panjang-panjang seperti milik teman saya dari Malaysia dulu. Yah, itu memang lengkeng BQ dari Malaysia. Termasuk lengkeng generasi lama, namun lebih manis dari Itoh.

Terus terang banyak orang yang punya lengkeng BQ, tapi nggak bisa serimbun yang dimiliki mas Hidayat Sugiyanto ini.....yok kita cari tahu rahasianya merangsang lengkeng BQnya itu.....gambar di atas terlihat persiapan NPK Mutiara, KCl Canada dan perngsang KNO3 currah/ butiran (bisa jugak dengan merk dagang Nongfeng, Farmpion, atau Vitalongan)...

Trus gimana? Ini lho rahasianya.....baca uraiannya langsung: (sudah atas ijijnya untuk dishare):

Selamat malam sedulur tani se nusantara.
Berkebun lengkeng jenis dataran tinggi yg di kebunkan di dataran rendah memberikan keuntungan ganda ketika di buahkan di luar musim.
Kali ini sy akan share step demi step supaya mudah di terima dan di kerjakan oleh sedulur semua.
1. aplikasi di lakukan di saat tajuk sedang tua dan tidak dalam kondisi semi, sebaiknya sebelum di lakukan aplikasi pohon di beri nutrisi yg cukup supaya hasilnya bisa optimal.
2. Tusuk2 tanah di sekeliling pangkal batang bertujuan supaya campuran pupuk dan boster mudah terserap dengan sempurna.
3. Larutkan air dan campuran boster dan pupuk pada ember sesuai dengan dosis. Di sini sy tidak bisa menyebutakn dosis pada tahun karena ukuran pohon pda tahun tidak bisa seragam di karenakan perawatan yg tidak optimal dr awal tanam.
4. Kocor di sekililing pangakal pohon sedikit demi sedikit hingga terserap sempurna.
5. Perawatan setelah aplikasi ketika musim.kemarau dan tanah kering. Setelah seminggu dari aplikasi cukup di siram air biasa,setelah 30-45 hari pohon akan keluar bunga di situlah aplikasi berhasil.








Share this article :

4 ulasan:

  1. Wah, bgs bt mas. Itu pake KNO3 y mas? bukan KCLO3?

    BalasHapus
  2. mas biar berbuah gimana caranya,,, punya sy sudah 5 tahun belum berbuah yg ada keluar daun muda terus

    BalasHapus