Showroom: Jl. Patimura (belakang Alfamart Mapagan), Ungaran - Semarang Telp.: 085 22 694 74 34

Kamis, 27 Agustus 2015

BIBIT LENGKENG KRISTALIN, BUKAN KRISTAL 2





Beda banget LENGKENG KRISTALIN dan LENGKENG "SUPER' KRISTAL 2.
Setelah geger lengkeng Kristal 2 yang berat per dompolnya bisa tembus 4 Kg......maka beredarlah banyak sekali bibit-bibit lengkeng Kristal 2 yang murah dan diragukan keasliannya.......mereka menyamakan dengan lengkeng-lengkeng sebelumnya hanya karena kesamaam nama atau karakter daunnya.......misalkan saja, orang lantas menghubung-hubungkannya dengan lengkeng generasi 1 seperti Kristalin yang dulu terkenal produktif. Apalagi daunnya rada2 mirip. Nggak heran, seringkali saya mendapat pertanyaan seperti ini,
"Pak, bagaimana caranya lengkeng Kristalin saya bisa berbuah selebat lengkeng Kristal 2??", Tanya seorang pekebun wanita.
"Oh, bisa. Ibu bisa lihat di foto saya ini”, jawab saya sambil memperlihatkan foto jadul di bawah. “Ini lengkeng Kristalin, bu......buahnya lebat juga kan?? Hanya saja, per dompolnya paling cuman tembus 2 Kg aja"
“Wah, brati lebih istimewa Kristal 2, dong!”
“Yap, betul, bu. Bahkan bedanya jauh, baik kuantitas maupun kualitas produksinya. Meski Kristalin sendiri jugak punya kelebihan, seperti bisa berbuah di dataran rendah tanpa memakai pupuk perangsang buah, dan buahnya sering kali bisa keluar terus-menerus….”
“Keistimewaannya Kristal 2 yang lain, apa bila dibandingkan Kristalin?”
“Daging buah Kristalin sangat tipis, bu….basah pulak sehingga memakannya klemat-klemut thok……kalo untuk hobiis masih boleh lah, tapi kalo untuk tujuan bisnis seperti ibu mana bisa dijual kualitas lengkeng kayak gitu…..nah,.bandingkan aja, ketebalan daging lengkeng Kristal 2 yang garing dan berbiji kecil itu bisa mencapai 0,8 Cm. Tebel kan!”
“Trus….”
“Tingkat kemanisan Kristal 2 jugak tinggi, bisa mencapai 21-24 briks. Rasanya manisnya bener-bener murni lengkeng: makyeeSSS!!! Tanpa rasa wangur yang tajam. Dan kerennya lagi, buahnya bisa tahan 3 hari setelah dipetik!”
Pelan-pelan terdengar suara:
Clegukkk……(terbayang keuntungannya kalie…hehhhee)
Ah, siapa sich yang nggak ngiler ya sama lengkeng “super” Kristal 2 ini????





Share this article :

0 ulasan:

Posting Komentar