Showroom: Jl. Patimura (belakang Alfamart Mapagan), Ungaran - Semarang Telp.: 085 22 694 74 34

Kamis, 04 Mei 2017

ANALISA SEDERHANA BUDIDAYA LENGKENG SUPER KRISTAL 2




Terus terang saya sering sedih lihat bunda-bunda pada rebutan belanja buah lengkeng impor di supermarket pada saat promo….dimana harga terlihat jatuhnya murah. Padahal hal itu lebih disebabkan karena buah lengkeng impor lama di coldroom pada saat pengiriman, sehingga saat dipajang akan cepat membusuk. Namun bunda tetep nekat sikut sana sikut sini. Rebut sana rebut sini. Kayak takut banget kehabisan. Ini bukan karna saya iri nggak kebagian lo…hehhee
Padahal kita tlah dikaruniai tanah yang subur makmur, dengan musim yang cuma 2 tok (tanpa musim dingin). Enakkan. Wajar kalo kemudian Tuhan marah lewat bencana alam…..melihat kita kayak nggak malu makan buah lengkeng impor terus. Sepertinya kita menyia2kan karunia dari Tuhan tersebut.

Ayolah bunda……saat ini kita sudah punya lengkeng super generasi terbaru yaitu generasi 3 yang terdiri dari lengkeng super Kristal 2 dan Kinglong yang top. Keduanya jauh meninggalkan lengkeng jadul dari generasi 1 yang mungkin bunda sudah terlanjur miliki seperti lengkeng Pinpong, lengkeng Aroma Durian, lengkeng Diamond River dan lengkeng-lengkeng dataran rendah lainnya yang dulu terkenal, namun mengecewakan bunda karna dagingnya yang tipis dan berair, sangat menggangu saat kita makan buah lengkeng. Bikin lengket. Sedangkan daging buah lengkeng super begitu tebel, bunda……dengan didukung bijinya yang kecil dan rasa manisnya itu yang nyampek 24 briks….bayangkan bunda….betapa mak nyesnya!! Nikmat banget.

Yang lebih keren lagi bila dimasak atau dibuat olahan yang lain….manisnya tetep joss! Manisnya tetep menggigit. Lo kok bisa? Iya lah karena daging buahnya begitu kering, artinya air buah sudah keserap daging buahnya. Pokoknya hampir sempurna lah untuk sebuah lengkeng. Makanya ayolah bunda menanam lengkeng super ini di sekitar rumah, bahkan bisa jugak meski cuma di pot aja. Selain menambah gizi keluarga, yang paling penting adalah kita tidak ikut2an membuang2 devisa negara tanpa sadar!!!

Topnya lagi produksinya, bunda……bisa nyampek maxi 5 Kg per dompol….bila bunda punya lahan katakanlah Cuma sekitar 2.780 m2 seperti punya teman saya yang baru saya analisa langsung. Bunda bisa lihat kok betapa dahsyat keuntungan yang bunda dapat untuk menambah ekonomi keluarga kita. Keren kan!!!

Yuk dilihat bunda….hitungan detailnya satu per satu:




BIAYA INVESTASI LENGKENG KRISTAL 2
NOKOMPONEN HARGA JUMLAHSATUAN INVESTASI REINVESTASI (Rp)
 (Rp)  (Rp) Iiiiii
1Sabit dan Koret       50,0002Buah       100,000     100,000      100,000              100,000
2Gunting Pangkas/ Gergaji       30,0004Buah       120,000     120,000      120,000              120,000
3Cangkul       95,0002Buah       190,000     190,000      190,000              190,000
4Garpu       50,0003Buah       150,000     150,000      150,000              150,000
5Sorongan/ Wheel Barrow     300,0001Buah       300,000     300,000      300,000              300,000
6Hand Sprayer     350,0001Buah       350,000     350,000      350,000              350,000
7Ember       25,0004Buah       100,000     100,000      100,000              100,000
8Gembor       40,0003Buah       120,000     120,000      120,000              120,000
9Pompa Air dan Selang 1,200,0001Buah    1,200,000 1,200,000   1,200,000           1,200,000
10Genset Diesel 1,500,0001Buah    1,500,000 1,500,000   1,500,000           1,500,000
11Pembuatan tampungan     500,0001Paket       500,000     500,000      500,000              500,000
12Bambu Ajir         1,20053Buah         63,600       63,600        63,600                63,600
    4,693,600 4,693,600   4,693,600           4,693,600
TOTAL INVESTASI                                                       18,774,400
Ket. :
1. Harga Satuan Barang berdasarkan survai Pasar yang singkat. Sehingga bisa diganti bila dirasa terlalu mahal atau tidak sesuai spek.
2. Reinvestas dilakukan setiap lima tahun sekali yaitu pada tahun ke-5, ke-10 dan ke-15 dengan asumsi masa produksi lengkeng Kristal 2 adalah 20 tahun



BIAYA VARIABEL SELAMA 20 TAHUN LENGKENG KRISTAL 2
NOKOMPONEN HARGA  JUMLAH SATUANTAHUN KE (Rp)
 (Rp)                  123456 s/d 20
BIAYA INPUT
1Bibit Lengkeng Penanaman Penanaman  150,000        78Bibit 11,700,000                 -                -                -                -                            -
Penyulaman  150,000        16Bibit                  -  2,400,000                -                -                -                            -
2Pupuk Kandang         500   1,040Kg      520,000     520,000    520,000 1,040,000 1,040,000           15,600,000
3Pupuk BoosterPerangsang Buah    32,000        78Paket                  -                 -                - 2,496,000 2,496,000           32,448,000
3Pupuk BuatanUrea      1,600        26Kg        41,600       41,600      41,600      83,200      83,200             1,248,000
TSP       7,900        13Kg      102,700     102,700    102,700    205,400    205,400             3,081,000
KCl      2,200        13Kg        28,600       28,600      28,600      57,200      57,200                858,000
1Obat PengendalianHama (Pestisida)    75,000          1Liter        75,000       75,000      75,000    150,000    150,000             2,250,000
Jamur (Fungisida)    75,000          1Liter        75,000       75,000      75,000    150,000    150,000             2,250,000
Rumput (Herbisida)    75,000          1Liter        75,000       75,000      75,000    150,000    150,000             2,250,000
BIAYA TENAGA KERJA
1Persiapan Lahan    50,000        20HOK   1,000,000                 -                -                -                -                            -
2Pembuatan Lubang Tanam    50,000        20HOK   1,000,000                 -                -                -                -                            -
3Penanaman Bibit    50,000          4HOK      200,000                 -                -                -                -                            -
4Penyulaman    50,000          1HOK                  -       50,000                -                -                -                            -
5Pendangiran    50,000          2HOK      100,000     100,000    100,000    100,000    100,000             1,500,000
6Pemupukan    50,000          2HOK      100,000     100,000    100,000    100,000    100,000             1,500,000
7Penyiangan Gulma    50,000          3HOK      150,000     150,000    150,000    150,000    150,000             2,250,000
8Pengendalian Hama & Penyakit    50,000          1HOK        50,000       50,000      50,000      50,000      50,000                750,000
9Pemangkasan    50,000          3HOK      150,000     150,000    150,000    150,000    150,000             2,250,000
10Panen dan Pasca Panen    50,000        30HOK                  -                 -                - 1,500,000 1,500,000           22,500,000
Biaya Variabel per tahun 15,367,900  3,917,900 1,467,900 6,381,800 6,381,800           90,735,000
TOTAL BIAYA VARIABEL   124,252,300
Ket: 
1. Lahan yang digunakan adalah lahan pribadi selas 2.780 m2
2. *HOK adalah Hari Orang Kerja
3. Bibit menggunakan bibit standar berukuran  70 Cm sehingga perkiraan tahun ke 3,5 tahun sudah berbuah atau TM (Tanaman Menghasilkan). Shg Biaya Input menjadi 2 kali lipatnya sejak itu.
4. Biaya Pembuatan Pagar tidak termasuk di sini\\
5. Jarak tanam yang dipilih adalah 6 x 6 m, sehingga bibit yang dibutuhkan untk lahan seluas 2.780 m2 adalah 78 bibit, dengan 20 % (16 bibit) pengadaan bibit untuk sulaman di tahun berikutnya.

PENDAPATAN SELAMA 20 TAHUN
TAHUN KE- JUMLAH PANEN  HARGA PERHITUNGANN (Rp)KET.
 (Kg)  (Rp) PENDAPATANPENGELUARANKEUNTUNGAN
1                         -            27,000                          -            20,061,500      (20,061,500)
2                         -            27,000                          -              3,917,900         (3,917,900)
3                         -            27,000                          -              1,467,900         (1,467,900)
4                2,340            27,000       63,180,000              1,467,900        61,712,100Awal Panen
5                5,460            27,000    147,420,000            11,075,400      136,344,600
6                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
7                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
8                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
9                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
10                         -            27,000                          -            11,075,400      (11,075,400)
11                2,340            27,000       63,180,000              6,381,800        56,798,200
12                5,460            27,000    147,420,000            11,075,400      136,344,600
13                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
14                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
15                7,800            27,000    210,600,000            11,075,400      199,524,600
16                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
17                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
18                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
19                7,800            27,000    210,600,000              6,381,800      204,218,200
20                         -            27,000                          -              6,381,800         (6,381,800)
 2,737,800,000          147,798,400  2,590,001,600
Ket.:
1. Bobot Masing-masing buah diasumsikan rata-rata 3 Kg per dompol dan bisa dijual dengan harga Rp 25.000 per Kg (metode perkiraan pesimistis).
Realisasi di lapangan menunjukkan bahwa harga di tingkat petani sudah Rp 30.000 - Rp 40.000 per Kg
Bahkan sebetulnya lengkeng Kristal 2 bisa berbuah 1,5 tahun 2 kali namun ini hanya dihitung cukup 1 tahun 1 kali saja
2. Total Biaya Operasional = Total Biaya Investasi + Total Biaya Variabel
                                            = Rp 18.744.400 +  Rp 124.252.300 
                                            = Rp 142.996.700
    Dalam kenyataannya kita tidak memerlukan uang sebesar itu. Karena sejak tahun ke-4 pohon lengkeng sudah berbuah dan bisa untuk disisihkan 
    sebagai biaya perawatan. 
3. Kelayakan Usaha
    R/C Ratio
    Rasio R/C = Pendapatan : Total Biaya Operasional
                     = Rp 2.737.800.000 : 142.996.700
                     =  Rp 19,14
*  R/C lebih dri 1 artinya usaha layak dijalankan. R/C 17,30 artinya setiap penambahan modal sebesar Rp 1 akan memberikan pendapatan sekitar 
     yaitu Rp 19,14
4. Return of Investment (ROI)
     ROI = (Keuntungan : Biaya Operasional) x 100 %
             = ( Rp 2.590.001.600 : Rp 142.996.700) x 100 % 
              = 1.811 %
    ROI untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal. Sehingga artinya bisa dikatakan bahwa pengeluaran sebesar Rp 1 akan mendapat keuntungan sampai 
    sebesar Rp 1.811.
5. Break Event Point (BEP)
     BEP Volume = Total Biaya Operasional : Harga Jual
                               =  Rp 142.996.700 : 27.000
                               =  5.296Kg
Jika melihat tabel maka titik impas tercapai pada tahun ke 5 (artinya hanya 2 kali panen), namun itu ditingkat harga pesimistis Rp 27.000







REVISI UNTUK TAHUn 1-20 BIAYA VARIABEL (yang tidak terlihat)

TAHUN KE (Rp)
                 1 2 3 4 5 6 s/d 20
           
 11,700,000                  -                 -                 -                 -                             -
                  -   2,400,000                 -                 -                 -                             -
      520,000      520,000     520,000  1,040,000  1,040,000            15,600,000
                  -                  -                 -  2,496,000  2,496,000            32,448,000
        41,600        41,600       41,600       83,200       83,200              1,248,000
      102,700      102,700     102,700     205,400     205,400              3,081,000
        28,600        28,600       28,600       57,200       57,200                 858,000
        75,000        75,000       75,000     150,000     150,000              2,250,000
        75,000        75,000       75,000     150,000     150,000              2,250,000
        75,000        75,000       75,000     150,000     150,000              2,250,000
           
   1,000,000                  -                 -                 -                 -                             -
   1,000,000                  -                 -                 -                 -                             -
      200,000                  -                 -                 -                 -                             -
                  -        50,000                 -                 -                 -                             -
      100,000      100,000     100,000     100,000     100,000              1,500,000
      100,000      100,000     100,000     100,000     100,000              1,500,000
      150,000      150,000     150,000     150,000     150,000              2,250,000
        50,000        50,000       50,000       50,000       50,000                 750,000
      150,000      150,000     150,000     150,000     150,000              2,250,000
                  -                  -                 -  1,500,000  1,500,000            22,500,000
           
 15,367,900   3,917,900  1,467,900  6,381,800  6,381,800            90,735,000
     124,252,300
Share this article :

1 ulasan:

  1. bisa eksport benih lengkeng ini ke malaysia pak? kelihatannya buahnya enak bagus ..

    berapa kosnya..tolong hitungkan
    email saya...kopicyber18@gmail.com

    BalasHapus