Showroom: Jl. Patimura (belakang Alfamart Mapagan), Ungaran - Semarang Telp.: 085 22 694 74 34

Minggu, 21 Mei 2017

KEUNGGULAN UTAMA BIBIT LENGKENG KRISTAL 2


Banyak yang mengira bahwa keunggulan lengkeng Kristal 2 itu pada kuantitas produksinya yang bikin geger, padahal sebenarnya bukan cuma itu. Banyak kok lengkeng lain yang bisa menyamai produksinya dalam jumlah per pohon bukan per dompol. Lengkeng super King Long contohnya.....bahkan saya pernah mencoba pada lengkeng dataran rendah seperti Kristalin yang saya sengaja kasih Nongfeng pupuk perangsang lengkeng, hasilnya luar biasa....buahnya bergelayutan banyak sekali. Namun sayang, selain tidak bisa dijual karena tipis daging buahnya dan rasa manisnya Kristalin yang kurang enak di lidah....juga air buahnya yang menetes terus menerus. Dan ini jelas menggangu saat kita makan. Jemek.....

Apalagi bila lihat alur DNAnya (dari lab di Thailand sono).....kita tahu dari mana asal bibit lengkeng Kristal 2 tercipta. Di lab Thailand secara teliti.....terlibat begitu banyak individu lengkeng unggul yang berpartisipasi, baik dari lengkeng dataran rendah maupun lengkeng sub tropis yang memang sejak awal unggul secara produksi, namun memble di kualitas produksinya. Diharapkan lengkeng hibrid yang dihasilkan bener-bener top markotop...terbukti yang muncul adalah lengkeng super Kristal 2 yang terus bertahan sebagai lengkeng number 1 dari beberapa segi yang layak untuk di kebunkan secara besar-besaran.

Kebandelan lengkeng Kristal 2 bahkan sudah tampak sejak baru berupa bibit lengkeng hasil tempelan (okulasi), sambungan maupun cangkokan. Pertumbuhannya melesat cepat, karena didukung daunnya yang menjutai panjang dan besar. Bahkan cepat sekali daunnya menjadi berwarna hijau tua.
Yang bikin irit adalah percabangannya yang bisa terbentuk sendiri tanpa dipangkas.....jelas ini menekan biaya pangkasan yang memang mahal dan butuh keahlian khusus untuk memilih cabang mana yang mesti dipangkas!! Saya terkadang geleng-geleng kepala....bibit lengkeng Kristal 2 sudah membentuk postur percabangan yang sempurna sebelum dia genap berumur 1 tahun setelah tanam.....wuih keren habis!

Meski begitu itu bukan keunggulan utamanya....sehingga tak heran banyak pembibit lengkeng yang pede banget menyamakan bibit lengkeng Kristal 2 ini sama dengan bibit lengkeng yang lain. Padahal beda jauh......kenapa?

Keunggulan utama lengkeng Kristal 2 justru ada pada kualitas buahnya yang layak dimakan sebagai buah segar dan tentunya bisa LARIS dijual! Karena keunggulan ini.....lengkeng Kristal 2 layak di sejajarkan dengan durian Musangking yang juga jos gandos! Apa artinya? Hampir tanpa pemasaran......Marketing is dead untuk kedua buah kualitas prima ini. Bayangkan aja, daging buahnya yang kering seperti rambutan ace yang nglotok itu membikin kita nggak berhenti makan...temen saya Sandi pernah makan 1 Kilo tanpa henti dan minta tambah lagi...ckkckkkckk...
Trus daging buahnya yang tebel dengan didukung bijinya yang kecil seperti mengunyah kwaci aja, tak terasa tiba-tiba saja kulit lengkeng sudah menumpuk di depan kita...hehhee
Terakhir manisnya yang bisa mencapai 22-24 briks jlas pencapaian yang luar biasa! Lumer dimulut ketika dimakan bak kita makan gulali aja....ENDAP.....enak dan sedap.....tak tertandingi. Di sini lah saya pede banget dengan bibit lengkeng Kristal 2 milik saya sendiri...tak tertandingi!!! Bila ini masakan......ini masakan yang dimasak chef klas dunia. Kalo sudah begini...apalah arti harga mahal bibit lengkeng Kristal 2 milik saya??? Hayooo....masih nglirik yang lain....hehhee..tetep terserah Anda kok!!! Nyantai mas bro!





Share this article :

4 ulasan:

  1. Mantapppp Gan...jd termotivasi, saya juga pingin menanam lengkeng kristal 2. Berapa harganya/batang Gan?...

    BalasHapus
  2. Mantapppp Gan...jd termotivasi, saya juga pingin menanam lengkeng kristal 2. Berapa harganya/batang Gan?...

    BalasHapus
  3. Kristal 2 itu kateki bukan om?

    BalasHapus