Saturday, 22 September 2018

TONJOKKAN!! BIBIT LENGKENG KRISTAL 2 SEBAGAI LENGKENG HYBRID



Rasanya saya sudah pada tahapan bosan banget menjawab pertanyaan mendasar pembeli bibit-bibit lengkeng seperti ini: apakah bibit lengkeng Kristal 2 bisa ditanam di dataran rendah? Aduhhh...jawabannya jelas bisa banget. Apalagi ini adalah bibit lengkeng hybrid yang merupakan keberhasilan dari penggabungan lengkeng2 top dataran tinggi seperti lengkeng Itoh kala itu dan lengkeng2 dataran rendah yang manis kayak Kristalin, yang besar kayak Pinpong atau yang kuat kayak Puangray. Penggabungan dahsyat ini membuat tanaman lengkeng tahan terhadap cuaca panas ekstrim saat kemarau di dataran rendah. Prestasi yang mencengangkan, saat saya melihat bibit lengkeng kristal 2 yang baru 1 tahun tanam bisa mendeles menghadapi panas panjang tahun ini......keren!!
Pernah juga saya diceritain oleh orang yang pernah melihat hasil uji DNA lengkeng Kristal 2 yang mampu menunjukkan betapa banyaknya varietas lengkeng unggul pilihan yang digabungkan! Bahkan sepertinya lengkeng2 kesohor dari negeri2 lengkeng semacam Taiwan, Malaysia, Vietnam dan China pun ikut dimasukkan ke situ. Woww....TOP pokoknya!
Jadi jangan ragu lagi untuk menjadikan lengkeng Kristal 2 sebagai harapan besar para pekebun untuk bisa swasembada lengkeng, dan bisa melihat secepatnya departemen Pertanian kita menutup kran impor lengkeng. Ahh.... kalau itu terjadi...betapa bangganya kita!!
Share this article :

0 ulasan:

Post a Comment